silabus metodologi studi islam

1. Pengantar Metodologi Studi Islam
a. Pengertian Metode, Metodologi, Paradigma dan Pendekatan
b. Arti dan Lingkup Studi Islam
c. Urgensi Mempelajari Metodologi Studi Islam
d. Aspek-aspek Sasaran Studi Islam
e. Pertumbuhan Studi Islam Dulu dan Sekarang

2. Beberapa Prinsip Dasar Epistemologi Islam
a. Pengertian Epistemologi dan Islam
b. Sumber Pengetahuan (Wahyu, Akal dan Rasa)
c. Kriteria Kebenaran dalam Epistimologi Islam
d. Peranan dan Fungsi Pengetahuan Islam

3. Manusia dan Kebutuhan Doktrin Agama
a. Kebutuhan Manusia Terhadap Agama
b. Fungsi Agama dalam Kehidupan
c. Rasa Ingin Tahu Manusia (Human Quest for Knowledge)
d. Doktrin Kepercayaan Agama

4. Sumber dan Karakteristik Islam
a. Sumber Ajaran Islam: Primer dan Sekunder
b. Sifat Dasar Ajaran Islam
c. Karakter Islam: Antara Normativitas dan Historisitas
d. Moralitas Islam: Ibadah, Pendidikan, Ilmu dan Sosial
e. Islam dan Wacana Pembaharuan

5. Islam Sebagai Agama Wahyu Al-Qur’an
a. Pengertian Wahyu Al-Qur’an
b. Fungsi Al-Qur’an
c. Hubungan Al-Qur’an dengan Hadits, Ijma’ dan Qiyas
d. Pendekatan Pokok dalam Studi Al-Qur’an

6. Islam Sebagai Produk Budaya
a. Kebudayaan: Pengertian, Unsur dan Fungsi
b. Kelahiran Islam dan Sentuhan Budaya Arab-Pra Islam
c. Islam Antara Gejala Sosial dan Budaya
d. Pendekatan Pokok dalam Studi Budaya

7. Islam Sebagai Pengetahuan Ilmiah
a. Arti dan Perbedaan antara Pengetahuan, Ilmu, dan Filsafat
b. Metode Ilmiah dan Struktur Pengetahuan Ilmiah
c. Klasifikasi Pengetahuan Ilmu Alam, Ilmu Sosial dan Humaniora
d. Pendekatan Pokok Studi Ilmiah: Interdisiplin dan Multidisiplin

8. Beberapa Pendekatan Studi Islam
a. Pendekatan Normatif
b. Pendekatan Antropologis
c. Pendekatan Sosiologis
d. Pendekatan Teologis
e. Pendekatan Fenomenologis
f. Pendekatan Filosofis
g. Pendekatan Historis
h. Pendekatan Politis
i. Pendekatan Psikologis
j. Pendekatan Interdisipliner

9. Aneka Metodologi Memahami Islam
a. Metodologi Ulumul Tafsir
b. Metodologi Ulumul Hadits
c. Metodologi Filsafat dan Teologi (Kalam)
d. Metodologi Tasawwuf dan Mistis Islam
e. Metodologi Kajian Fiqh dan Kaidah Ushuliyah
f. Metodologi Pemikiran Modern
g. Metodologi Pendidikan Islam
h. Metodologi Tekstualitas dan Kontekstualitas
i. Metodologi Muqaranah Madzhab

10. Dimensi Aliran Pemikiran Islam
a. Dimensi Islam, Iman dan Ihsan
b. Munculnya Aliran Pemikiran Islam
c. Aliran Teologi (Kalam)
d. Aliran Fiqh
e. Aliran Tasawwuf

11. Model Penelitian Keagamaan
a. Arti Penelitian Agama
b. Penelitian Agama dan Penelitian Keagamaan
c. Konstruksi Teori Penelitian Keagamaan
d. Model-model Penelitian Keagamaan


12. Perbandingan dalam Studi Islam
a. Arti Perbandingan Agama
b. Islam dan Perbandingan Agama Lain
c. Faktor Perbedaan dan Kesamaan Keyakinan Agama
d. Problem dan Prospek Perbandingan Studi Islam

13. Studi Kawasan Islam
a. Arti dan Asal-Usul Studi Kawasan Islam
b. Orientalisme: Melihat Islam Kritis
c. Oksidentalisme: Menjawab Islam Sejati
d. Dunia Islam sebagai Objek Studi Antara Timur dan Barat
e. Problem dan Prospek Pendekatan Studi Kawasan

14. Islam dan Gagasan Universal
a. Islam dan Globalisasi
b. Modernisme dan Puritanisme Islam
c. Gerakan Fundamentalisme dan Radikalisme Islam
d. Islam: Eksklusif dan Inklusif
e. Islamisasi Sains
f. Pluralisme Agama-Agama

15. Dinamika Islam Kontemporer
a. Post Modernisme dan Neomodernisme Islam
b. Islam Liberal
c. Islam Kultural dan Islam Struktural
d. Postradisionalisme Islam
e. Jihad dan Terorisme

E. Referensi Pokok

• Abd. Rachman Assegaf, Studi Islam Kontekstual.
• Abdur Razak, Cara memahami Islam.
• Abuddin Nata, Metodologi Studi Islam, Jakarta: Logos, 1998.
• Ahmad Abdul Hamid Ghurab, Menyingkap Tabir Orientalisme, Jakarta: Pustaka al-Kautsar, 1993.
• Ahmad Norma Permata, Metodologi Studi Agama, Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2000.
• Ahmad Sahidin, Aliran-Aliran dalam Islam, Bandung: Salamadani, 2009.
• Alfatun Muchtar. Tunduk Kepada Allah: Fungsi dan Peran Agama dalam Kehidupan Manusia.
• Ali Syari’ati, Sosiologi Islam.
• Alwi Sihab, Islam Inklusif; Menuju Sikap Terbuka dalam Beragama, Bandung, Mizan 1999.
• Amin Abdullah, Studi Agama;Normatifitas dan Historisitas
• Atang Abd Hakim & Jaih Mubarok, Metodologi Studi Islam: Edisi Revisi, Bandung: Remaja Rosdakarya, cet XI, 2009.
• Azyumardi Azra, Pendidikan Islam Tradisi dan Modernisasi Menuju Milenium Baru, Jakarta : Logos, 1999.
• Carl Brokelman, History of the Islamic People, London, Routledge & Keagen Paul Limited, 1949.
• Fazlur Rahman, Islam
• Harun Nasutian, Pembaruan dalam Islam: Sejarah Pemikiran dan Gerakan, Jakarta: Bulan Bintang, 1973.
• Harun Nasution, Falsafah dan Mistisisme dalam Islam, Jakarta: Bulan Bintang, 1992.
• Harun Nasution, Islam Ditinjau Dari Beberapa Aspek, Jakarta: Bulan Bintang, 1985.
• M. Amin Abdullah, Islamic Studies. Pustaka Pekajar: Yogyakarta
• M. Amin Abdullah, Studi Agama: Normatifitas atau Historisitas?, Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 1996.
• M. Atho’ Mudzhar, Pendekatan Studi Islam, Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 1999.
• M. Dede Ridwan, Tradisi Baru Penelitian Agama Islam, Tinjauan Antardisiplin Ilmu.
• Marsahl G. Hudgson, The Ventura or Islam, Vol.III, New York, The Unwim University Chicago Press, 1974.
• Maryam Jamilah, Islam dan Orientalisme, Sebuah Kajian Analitik, Terj. Machnun Husein, Jakarta: Rajawalipers, 1994.
• Maulana Muhammad Ali, Islamologi, Jakarta: Ikhtiar Baru Van Hoeve, 1980
• Muh. Nur Hakim, Metodologi Studi Islam
• Muhaimin et., Dimensi-Dimensi Studi Islam, Surabaya: Karya Abditama, 1994.
• Muhammad Atho` Muzhar, Metode Pendekatan dalam Studi Islam.
• Mukti Ali, Memahami Beberapa Aspek Ajaran Islam
• Mukti Ali, Metode Memahami Agama Islam, Jakarta: Bulan Bintang, 1991.
• Mulyanto Sumardi, (ed.), Penelitian Agama Masalah dan Pemikiran, Jakarta: Sinar Harapan, 1981.
• Munawi Sadzali, Islam dan Tatanegara
• Muyoo Sumardi, Penelitian Agama Masalah dan Pemikiran
• Narudin Razak, Dienul Islam, Bandung, PT. Ma’arif,1996
• Nasikun, Pokok-pokok Agama Islam.
• Nurcholis Majid, Islam Doktrin dan Peradaban, Jakarta: Yayasan Wakaf Paramadina,1992.
• Peter Connolly (Ed), Aneka Pendekatan Studi Agama, Yogyakarta: LKiS, cet II, 2009.
• Richard C. Martin, (ED), Approaches to Islam in Religious Studies, Tucsan the University of Arizona press, 1985.
• Rustam E Taburaka, Pengantar Ilmu Sejarah, Teori Filsafat Sejarah, Sejarah Filsafat dan IPTEK, Jakarta: Rineka Cipta, 1999.
• Taufik Abdullah dan M. Rusli Karim (ed.), Metodologi Penelitian Agama: Sebuah Pengantar, Yogyakarta: Tiara Wacana, 1991.
• W. Mongemory Watt, Pengantar Studi Al Qur’an
• Yusra Marasabessy (Kontributor), Desekularisasi Pemikiran Landasan Islamisasi, Mizan, Bandung: 1987.

F. Sistem Perkuliahan

1. Ceramah
Dosen memberikan penjelasan dalam perkuliahan ketika membuka mata kuliah dan klarifikasi persoalan dalam perjalanan diskusi kelas.

2. Presentasi
Semua mahasiswa wajib mempresentasikan makalah yang dibuat secara individu. Presentasi dilakukan secara berkelompok sesuai dengan urutan pokok bahasan mata kuliah. Dalam presentasi makalah menggunakan alat bantu LCD dengan menyajikan presentasi power point (minimal 5 halaman) yang menayangkan point-point makalah. Khusus untuk slide power point dapat dibuat oleh perwakilan kelompok.

3. Resitasi (Tugas)

 Sistem Evaluasi

Perkuliahan ini akan memberi bobot nilai pada komponen-komponen berikut:
a. Kehadiran 10%
b. Tugas Individu 10%
c. Aktifitas perkuliahan 10%
d. Ujian Tengah Semester 30%
e. Ujian Akhir Semester 40%

0 komentar:

Posting Komentar

TAMAMAH Muamalah 2010

TAMAMAH Muamalah 2010
ketua jurusan muamalah